Menu
Tantaclub.net

Menurut SehatQ.com, Ternyata Ini Beberapa Penyebab Gigi Berlubang

Penyebab utama penyakit gigi berlubang tentu saja adalah bakteri. akan tetapi, tumbuhnya bakteri ini bisa dipicu oleh berbagai hal. Oleh karena itu, untuk mencegah masalah yang satu ini, Anda harus mengetahui  apa saja yang bisa menyebabkannya agar bisa menghindari hal-hal tersebut.

 


Seperti diketahui, bakteri merupakan sejenis mikroorganisme yang bisa tumbuh pada tempat tertentu. Bakteri bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang, karena kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih dan terawat. Lebih spesifiknya, berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. 


Makanan Dan Minuman Manis
Faktor pertama yang menyebabkan gigi berlubang adalah sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Makanan dan minuman manis, yang notabene mengandung gula, bisa menjadi pemicu tumbuhnya bakteri yang akan menyebabkan gigi menjadi berlubang.


Gula sendiri merupakan makanan utama bakteri, dan bahan ini memiliki sifat lengket sehingga cenderung meninggalkan sisa pada permukaan gigi. Apalagi bila sisa makanan tersebut tidak segera dibersihkan, sudah pasti bakteri penyebab gigi menjadi berlubang, akan tumbuh subur di sana. 


Kebiasaan Makan Sebelum Tidur
Mengapa kita dianjurkan untuk menyikat gigi sebelum tidur? Alasannya karena apabila sisa makanan yang menempel pada gigi tidak dibersihkan dalam waktu yang lama, ini akan berubah sifat menjadi asam. Sifat asam ini merupakan tempat yang sangat pas bagi bakteri untuk tumbuh.


Dengan banyaknya bakteri yang tumbuh pada sisa-sisa makanan pada gigi, maka gigi akan sangat rentan menjadi keropos dan berlubang. Zat asam dari sisa makanan yang sudah diubah oleh bakteri tersebut, akan merusak lapisan email pada gigi dan menyebabkan gigi mudah berlubang.


Cara Menyikat Gigi Yang Salah
Sakit gigi masuk dalam daftar penyakit yang paling banyak penderitanya. Dari semua hal yang menyebabkan timbulnya sakit gigi, cara menyikat gigi yang salah bisa menjadi penyebab terbesar. Saat Anda salah menyikat, otomatis sisa makanan tidak akan bisa bersih dengan sempurna.


Tujuan dari menyikat gigi memang untuk membersihkan gigi dari sisa makanan yang tertinggal. Sedangkan sisa makanan yang tertinggal atau bahkan tidak dibersihkan ini akan menjadi sarang tumbuhnya bakteri. Bakteri inilah yang akan membuat gigi menjadi berlubang. 


Mulut Kering
Keadaan mulut yang kering juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Mulut kering terjadi akibat produksi air liur berkurang. Berkurangnya air liur ini akan memicu bakteri yang menyebabkan gigi menjadi berlubang bisa tumbuh dalam mulut.


Fungsi air liur sendiri adalah sebagai pembersih alami pada gigi. Selain itu, air liur juga berfungsi untuk melindungi mineral yang ada pada lapisan email gigi. Saat mulut kering, maka mineral pada lapisan email gigi juga berkurang, sehingga bakteri akan lebih mudah tumbuh pada kondisi ini. 


Kontur Gigi
Penyebab lain dari gigi yang mudah berlubang adalah karena kontur giginya. Pada umumnya gigi yang berlubang ini terletak pada gigi bagian belakang atau gigi geraham. Susunan gigi yang rapat, terutama pada gigi geraham, akan membuat ada banyak bagian yang tidak bisa dibersihkan dengan sempurna.
Membersihkan gigi yang tidak sempurna akan menyebabkan bakteri bisa tumbuh dengan subur, dan akibatnya gigi bisa mudah berlubang. Susunan gigi yang seperti ini membuat sakit gigi akibat gigi yang berlubang masuk dalam daftar penyakit yang sangat mudah diderita.


Daftar aspek yang bisa menyebabkan gigi berlubang ini perlu diperhatikan dengan baik dan sebisa mungkin untuk dihindari. Dengan demikian, sakit gigi akibat gigi yang berlubang ini bisa dicegah sejak dini. Bukankah lebih baik mencegah daripada harus mengobati?

Tidak ada komentar